Sabtu, 02 November 2013

STRATEGI ACTIVE LEARNING

لعب الإشارة
A.    PENGERTIAN

Permainan isyarat adalah permainan yang dilakukan dalam pelajaran maharoh al-istima’ dan maharoh al-kalam.karena dalam strategi ini pada dasarnya penekanan terhadap keahlian mendengar dan pengucapan siswa.
Permainan ini juga menuntut peserta didik untuk bisa aktif berbicara dan mendengar serta berani tampil di depan umum.


B.     PROSEDUR ATAU LANGKAH-LANGKAH STRATEGI INI:

1.      Pendidik menerangkan terlebih dahulu tentang strategi ini,agar peserta didik bisa memahami tentang strategi ini supaya peserta didik tidak lagi mengalami keraguan dalam permainan ini.
2.      Pendidik meminta kepada peserta didik secara bergiliran untuk maju kedepan kelas.
3.      Ketika peserta pertama tampil,pendidik membisikan sesuatu(nama hewan.karakteristik orang,profesi orang,dan lain-lain),kemudian peserta didik yang diminta tadi untuk mempraktekan apa yang didengarnya dari guru tersebut.
4.      Setelah dipraktekan apa yang diperintahkan oleh guru tadi,kemudian guru meminta kepada peserta didik yang lainnya untuk menjawab apa yang diperagakan oleh temannya tersebut.
5.      Setelah sampai pada peserta yang terakhir,guru meminta kepada pesrta didiknya untuk mencatatkan di dalam kertas.
6.      Dan diakhir pengumpulan kertas tersebut,kemudian guru menjelaskan kalimat atau kata-kata yang telah dicatat tersebut.Apabila peserta didik menjawab salah,jawabannya langsung dibenarkan.

7.      Terakhir guru memberikan hadiah kepada peserta didik yang berhasil mencatat/mengetahui semua kalimat/kata-kata yang dipraktekan tadi.dan guru mengucapkan salam ketika permainan tersebut telah usai. 

0 komentar:

Posting Komentar

Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.