لعب
الإشارة
A. PENGERTIAN
Permainan
isyarat adalah permainan yang dilakukan dalam pelajaran maharoh al-istima’ dan
maharoh al-kalam.karena dalam strategi ini pada dasarnya penekanan terhadap
keahlian mendengar dan pengucapan siswa.
Permainan
ini juga menuntut peserta didik untuk bisa aktif berbicara dan mendengar serta
berani tampil di depan umum.
B. PROSEDUR ATAU LANGKAH-LANGKAH STRATEGI
INI:
1. Pendidik menerangkan terlebih dahulu
tentang strategi ini,agar peserta didik bisa memahami tentang strategi ini
supaya peserta didik tidak lagi mengalami keraguan dalam permainan ini.
2. Pendidik meminta kepada peserta didik
secara bergiliran untuk maju kedepan kelas.
3. Ketika peserta pertama tampil,pendidik
membisikan sesuatu(nama hewan.karakteristik orang,profesi orang,dan
lain-lain),kemudian peserta didik yang diminta tadi untuk mempraktekan apa yang
didengarnya dari guru tersebut.
4. Setelah dipraktekan apa yang
diperintahkan oleh guru tadi,kemudian guru meminta kepada peserta didik yang
lainnya untuk menjawab apa yang diperagakan oleh temannya tersebut.
5. Setelah sampai pada peserta yang
terakhir,guru meminta kepada pesrta didiknya untuk mencatatkan di dalam kertas.
6. Dan diakhir pengumpulan kertas
tersebut,kemudian guru menjelaskan kalimat atau kata-kata yang telah dicatat
tersebut.Apabila peserta didik menjawab salah,jawabannya langsung dibenarkan.
7. Terakhir guru memberikan hadiah kepada
peserta didik yang berhasil mencatat/mengetahui semua kalimat/kata-kata yang
dipraktekan tadi.dan guru mengucapkan salam ketika permainan tersebut telah
usai.
0 komentar:
Posting Komentar