Rabu, 16 Oktober 2013

PENGERTIAN SENI MENURUT PARA AHLI




PENGERTIAN SENI MENURUT PARA AHLI
1.      Seni menurut Graham Brade-Birks
Seni adalah penggunaan suatu budi pikiran untuk menghasilkan karya yang menyenangkan bagi roh manusia.Ini meliputi pengungkapan khayalan yang jelas mengenai benda-benda (atau pikiran tentang benda-benda) seperti dalam pahatan, lukisan dan gambar.
2.      Menurut  Erich  Kahler
Seni adalah suatu kegiatan manusia yang menjelajahi, menciptakan, kenyataan baru dalam suatu cara penglihatan yang melebihan dri akal dan menyajikannya secara berlambang atau kiasan sebagai suatu kebulatan alam kecil yang mencerminkan suatu kebulatan alam semesta.
3.      Menurut Susanne K. Langer
Seni adalah suatu kegiatan yang demikian dirancang kegiatan untuk mengubah alam alami menjadi benda-benda yang berguna atau indah.Hasil dari campur tangan dan roh manusia yang teratur ini adalah karya seni.


Persamaan dan perbedaan dari 3 defenisi diatas yaitu:
1.      Sama-sama menyatakan bahwa seni itu merupakan suatu kegiatan yang mnenggunakan pengungkapan perasaan manusia sehingga menghasilkan karya yang menyenangkan bagi roh manusia.
2.      Sama-sama menyatakan bahwa seni itu dirancang untuk mengubah bhan-bahan alami menjadi benda-benda yang berguna atau indah sehinnga memiliki estetika tersendiri seperti dalam pahatan, lukisan dan gambar (kreatifitas manusia pada kegiatan seni rupa).
Hasil dari ketififitas ini dapat memberikan kepuasan batin dan indrawi bagi penikmatnya, khusnya bagi penikmat seni.
3.      Dalam defenisi yang dikatakan oleh Graham Brade-Birks dan Erich Kahler sama-sama menyatakan bahwa seni dalam makna luas atau umum adalah bagian dari kegiatan yang mencangkup seni rupa (seperti pahatan patung, lukisan , gambar dan arsiktektur) juga merupakan dari kegiatan kretifitas seni music, drama, tari, sajak, sastra (seni pertunjukkan). Perbedaan pada pendapat Susanne K. Langer tidak memasukkankegiatan seni pertunjukkan sperti, seni music, drama, tari, ataupun sastra dalam defenisinya.

Kesimpulan
Dalam 3 defenisi yang dikemukan oleh beberapa filsuf diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa seni adalah suatu kegiatan kreatifitas yang menggunakan pikiran dan perasaan manusia, sehingga menghasilkan produk atau karya seni dan dapat memberikan kepusan batin dan indrawi baik bagi seniman itu sendiri, juga bagi penikmat karya seni tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.