Selasa, 22 Oktober 2013

Masjid Safinatullah Di Padang Luar Kabupaten Agam Sumatera Barat

     
Masjid Safinatullah Di Padang Luar Kabupaten Agam Sumatera Barat
Masjid Safinatullah terletak di ke nagarian Padang Luar, tepi jalan yang menghubunkan kota Bukittinggi dan kota Padangpanjang. Didirikan sekitar tahun 1980. Samping kiri kanan dan seberang jalan di depan  masjid adalah komplek bangunan roko, dan perumahan warga.

 Masjid  ini pada dasarnya adalah merupakan masjid keluarga yang mana bangunan utamanya adalah ruang tengah dan belum ada teras dan pagar. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya jumlah penduduk masjid ini mengalami perluasan dan penambahan teras di samping kiri kanan dan tingkat dua di bagian atas untuk jema'ah wanita , menara di samping kiri masjid serta di hiasi oleh taman di bagian depan sehingga membuat suasana masjid ini nyaman walaupun terletak di tepi jalan raya.
                   Penerapan seni kaligrafi di masjid ini terdapat di beberapa bagian :
1)   Di dinding Mihrab, terdapat tulisan dari surat an-Nisa' ayat 103 yang menerangkan tentang kewajiban menunaikan sholat, surat ar-Ra'du ayat 28 yang menerangkan tentang keutamaan zikir, surat ibrahim ayat 40  dan surat al-An'am ayat  162 menjelaskan tentang sholat.
2)   Pada dinding depan sebelah kanan, tertulis surat  al- Jum'ah ayat  9-10 yang menjelaskan tentang hukum sholat Jum'at.
3)   Pada dinding depan sebelah kiri, terdapat tulisan surat al-Munafiqun ayat 9-11 yang menerangkan tentang peringatan kepada orang-orang mu'min jangan sampai lalai di karenakan anak dan harta.
4)   Pada dinding depan bagian tengah, terdapat tulisan  dari surat  at-Taubah ayat 18 mengenai orang – orang yang layak memakmurkan masjid dan surat al-Baqarah ayat 45  tentang menjadikan sabar dan sholat sebagai penolong, dan juga terdapat dua dari Asma ul Husna " ar-Rahman dan ar-Rahim ".
5)   Pada  tiang masjid di dinding sebelah kanan adan kiri tertulis nama para sahabat Rasul.
6)   Di kaca luar terdapat tulisan Asma ul Husna yang di tulis di atas kaca.
Penulisan kaligrafi pada masjid ini mengunakan teknik lukis dekorasi dengan media dinding , teknik menulis di media kaca dengan mengabungkan motif ornamen di sekeliling tulisan yang di ukir secara teratur dan menarik. Warna yang di pakai dalam penulisan kaligrafi ini dominan warna harmonis.


0 komentar:

Posting Komentar

Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.