Selasa, 22 Oktober 2013

Bentuk Bangunan Masjid di Kabupaten Agam

Masjid Bayur Kabupaten Agam Sumatera Barat

      Dalam buku Ensiklopedi Islam pada jilid 3 halaman 170 menjelaskan tentang 3 bentuk dasar masjid secara umum :
1.    Berbentuk Terbuka

2.    Bentuk Beratap Datar

3.    Berbentuk Beratap Kubah   
      Berdasarkan pada tiga bentuk tersebut untuk katagori bentuk pertama yaitu berbentuk terbuka Tidak penulis temukan masjid yang berdiri dengan bentuk terbuka di Kabupaten Agam. Masjid yang berbentuk terbuka ini hanya terdapat di Daerah Timur Tengah seperti Masjid Nabawi yang berada di Kota Madinah.
      Untuk bangunan masjid yang beratap datar, misalnya pada Masjid an-Nur Tanjung Alam, Masjid Sa'adah di Kecamatan Ampek Angkek, Masjid  Jami' Sidang Pandan Basasak, Masjid Nurul Ihsan Jorong Panampuang dan lain- lain.

      
 Sedangkan dengan bentuk ketiga banyak yang berkembang pada saat ini, yang mengikuti corak timur tengah, ada juga yang mengabungkan unsur modern. Sebagai contoh Masjid Raya Bayur yang mengabungkan unsur pagoda dan gonjong di tepi Danau Maninjau.


      Masjid Raya Bayur adalah salah satu masjid tua di sekitar Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Masjid yang dibangun pada awai abad ke-20 ini berlokasi tidak begitu jauh dari jalan raya yang menghubungkan Kota Lubuk Basung, Ibu Kota Kabupaten Agam, dengan Kota Bukittinggi.       

0 komentar:

Posting Komentar

Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.