Kamis, 31 Oktober 2013

Ilmu seni rupa



A. Pengertian dan Media Seni

Istlah seni dalam bahasa Inggris disebut art dalam bahasa Latin disebut ars dalam bahasaYunani disebut techne . Techne artinya kemahiran atau keterampilan membuat sesuatu benda.Menurut Ensiklopedia Indonesia seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karenakeindahan bentuknya orang senang melihat dan mendengarnya.Karya seni tercipta melalui pilihan media yang beragam. Bedasarkan media yang digunakanseni dibedakan menjadi tiga :

1. Seni yang dapat dinikmati melalui media pendengaran(audio art)
misalnya seni music, senisuara dan seni sastra

2. Seni yang dinikmati melalui media penglihatan(visual art) misalnya lukisan, poster, senibangunan, seni gerak beladiri.
3. Seni yang dinikmati melalu media penglihatan dan pendengaran(audio visual art) misalnya pertunjukan music, pagelaran wayang, film.

B. Bentuk dan Fungsi Seni Rupa Daerah Setempat
Seni rupa adalah ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkanmelalui media :
titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang
yang ditata denganprinsip-prinsip tertentu. Menurut kegunannya karya seni rupa dibedakan menjadi dua yakni senirupa terapan dan seni rupa murni. Seni rupa terapan mengutamakan fungsi pakainya selain jugadinikmati segi keindahannya sedangkan seni murni mengutamakan fungsi keindahan.Seni rupa berdasarkan wujudnya dapat dibedakan sebagai berikut :

1. Seni rupa dua dimensi
(dwimatra)
adalah karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang danlebar dan hanya dapa dilihat nlai estetiknya dari satu arah. Misalnya lukisan, batik, foto danwayang kulit.

2.Seni rupa tiga dimensi
(trimatra)
adalah karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebardan tinggi dan dapat dilihat estetiknya dari berbagai arah. Misalnya patung, meja dan kursi.
Monalisa (Leonardo da vinci) Batik Batang Wisanggeni Petung Dewa Wisnu Meja belajar


LEMBAR INFORMASI

Seni rupa berdasarkan fungsinya dapat dibedakan sebagai berikut.
1.Seni rupa murni adalah seni rupa yang mengarah para karya yang anya untuk tujuan pemuasanekspresi pribadi atau kebutuhan batin. Misalnya seni lukis, seni patung, kriya hias.
2.Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang memiliki fungsi ganda yaitu selain untuk pemenuhan kebutuhan batin juga untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari sesuai kegunaannya.Misalnya meja, kursi, pakaian dan perlengkapan rumah tangga.

C. Seni Rupa Murni Daerah Setempat


Karya seni murni banyak dijumpai di daerah-daerah, misalnya seni lukis SokarajaBanyumas dan seni patung Muntilan-Magelang Jawa Tengah, seni lukis wayang dan patungkeramik Bantul Yogyakarta, seni lukis dan patung Ubud Gianyar Bali, seni patung AsmatPapua, dan masih banyak lagi karya seni murni dari daerah lain. Dari berbagai jenis karya senirupa murni diberbagai daerah tersebut masing-masing memiliki karakteristik atau cirri khassendiri-sendiri. Adapun ciri khas yang membedakan karya seni rupa murni daerah satu dengandaerah lainnya adalah nilai-nilai budayanya.Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa seni rupa murni daerah adalah gagasanmanusia yang berisi nilai-nilai budaya daerah tertentu yang diekspresikan melalui polakekuatan tertentu dengan media titik, garis,bidang,bentuk,warna tekstur,dan gelap terang yangditata dengan prinsip tertentu sehingga menghasilkan karya yang indah dan bermakna. Denganperkataan lain, seni rupa murni daerah adalah seni rupa murni yang berisi nilai-nilai budayadaerah tertentu. Seni rupa murni daerah setempat antara lain terdapat pada karya seni lukis,seni patung dan seni grafis.


1. Seni LukisSeni lukis merupakan salah satu cabang dari seni rupa yang berdimensidua. Melukis adalah kegiatan membubuhkan cat (kental maupun cair)diatas bidang yang datar. Dari pembubuhan cat tersebut diharapkan dapatmengekspresikan berbagai makna atau nilai subjektif.Nilai-nilai yang melekat pada lukisan dipengaruhi oleh budaya yangdimiliki pelukisnya. Seni lukis daerah sudah tentu mengandung nilai-nilai budaya daerah yang bersangkutan. Contoh lukisan dari BasukiAbdullah
Diponegoro



2. Seni Patung DaerahSeni patung merupakan cabang dari karya seni rupa yangberdimensi tiga. Membuat patung berarti membuat benda tigadimensi dengan bahan, alat,dan teknik tertentu sehinggamenghasilkan karya yang indah dan bermakna. Patung sebagaikarya seni rupa murni daerah tertentu memiliki nilai-nilai budayadaerah.
Patung Durendi Plelen Lor Gringsing

3.Seni GrafisSeni grafis merupakan salah satu cabang seni rupa dua dimensiyang dikerjakan dengan teknik cetak. Terdapat beberapa ragamseni grafis, antara laian seni grafis yang dibuat dengan teknik sablon, cetak tinggi, cetak dalam, dan cetak etsa. Di Indonesia ,lukisan cap tangan gua di Sulawesi, yang merupakan buktiditerapkannya teknk grafis ketika itu.Fungsi seni grafis sebagai teknik untuk menciptakan desain senimurni dan sebagai alat atau eknik untuk memproduksi(menggandakan) karya seni. Tokoh seniman grafis Indonesiaantara lain Firman Lie, Kaboel Suadi dan Suromo.
Cetak Dalam

0 komentar:

Posting Komentar

Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.